Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Dunia Wanita Blog kali ini berbagi informasi mengenai berita artikel Kesehatan, dimana semua orang pasti tau apa itu tomat. Tapi mungkin tidak semua orang tahu gizi dan manfaat tomat bagi kesehatan. Tomat kaya air, vitamin dan mineral, serta fitonutrien. Tomat juga merupakan salah satu sumber vitamin C, B6 dan K, betakaroten, biotin, niacin, kalium, fosfor, kalsium, zat besi, seng dan selenium, serta banyak asam organik seperti sitrat dan asam maleat yang bertanggung jawab untuk karakteristik rasa dari tomat itu sendiri. Biji dan kulit tomat merupakan sumber serat yang baik, sedangkan dagingnya mengandung anti-oksidan.


Kandungan anti-oksidan, asam organik dan nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam tomat menjadikannya obat yang mujarab untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan, seperti dilansir dari Fiji Sun Online

Mencegah dan Mengobati Anemia
Kandungan zat besi dan vitamin C yang terdapat dalam tomat meningkatkan sintesis hemoglobin dan pembentukan sel darah merah baru, sehingga membantu untuk mencegah atau mengobati berbagai jenis anemia.

Sebagai Anti Kanker
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa zat likopen yang terdapat pada kulit dan daging tomat, memainkan peran dalam pencegahan beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, prostat, dan kanker usus besar. Likopen sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama dari aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan betakaroten.

Sebagai Antioksidan
Seperti dijelaskan sebelumnya, zat antioksidan yang terkandung dalam tomat, seperti likopen, betakaroten, vitamin C dan selenium, yang dapat membantu dalam mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas ke jaringan tubuh yang menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit degeneratif kronis.

Detoksifikasi tubuh
Tidak hanya sebagai antioksidan, sifat diuretik dalam tomat mampu meningkatkan fungsi pencernaan, juga merangsang fungsi detoksifikasi hati dan ginjal. Hasil keseluruhan dari proses ini adalah mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan.

Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi
Tomat kaya akan vitamin C, kalsium dan fosfor, yang dapat menjaga integritas struktural tulang dan gigi.

Meningkatkan Fungsi pencernaan
Asam organik dalam buah tomat dapat meningkatkan fungsi pencernaan dengan merangsang saliva dan sekresi lambung, sehingga meningkatkan kemampuan mencerna makanan kaya pati (seperti roti, pasta, nasi dan kentang), serta protein (seperti daging, ikan, telur dan produk susu).

Meningkatkan Kesehatan jantung
Tomat juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium yang tinggi. Hal ini juga mencegah oksidasi kolesterol, yang merupakan salah satu langkah pertama dalam pembentukan plak aterosklerotik.

Kesehatan kulit
Likopen dalam tomat juga mampu meningkatkan kemampuan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Selain yang disebutkan diatas, tomat juga bermanfaat untuk anti-penuaan kulit dan mencerahkan kulit kusam. Caranya adalah jadikan tomat dan alpukat sebagai masker, lalu oleskan pada wajah dan bilas setelah 30 menit. Manfaat lainya adalah untuk mengatasi gejala stres, kelelahan, kelemahan otot, serta mencegah kejang otot dan kram.

Tips Mengkonsumsi Tomat

Tomat yang sudah masak dapat dimakan langsung, dijadikan salad atau dimasak sebagai bumbu pelengkap. Namun cara terbaik untuk mengkonsumsi tomat adalah dengan menjadikannya jus, karena membantu untuk melepaskan likopen dari sel-sel tomat itu.

Makan tomat dengan minyak zaitun dapat meningkatkan penyerapan likopen jauh lebih baik. Hindari mengkonsumsi tomat kalengan atau memasak tomat dengan wajan / panci aluminium sebab kandungan asam pada tomat akan berinteraksi dengan logam, menyebabkan keracunan aluminium. Serta dilarang memakan tomat yang belum matang, karena tomat mentah mengandung zat beracun solanin yang menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare dan kram perut, sakit kepala dan pusing.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Tomat Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat

0 Response to "Manfaat Tomat Untuk Kesehatan"

Post a Comment